Kumpulan Landasan Teori, Definisi, Pengertian Bidang Pengetahuan Umum, Sosial, Ekonomi, Managemen, dan Akuntansi

Tuesday, June 23, 2015

Sistem Ekonomi Kapitalis

Sistem Ekonomi Kapitalis / Kapitalisme 
Milton H. Spencer (1977) menulis dalam bukunya Contemporary Economics: Kapitalisme merupakan sebuah system organisasi ekonomi yang dicirikan oleh hak milik prifat (individu) atas alat-alat produksi dan distribusi (tanah, pabrik-pabrik, jalan-jalan kereta api, dll) dan pemanfaatannya untuk mencapai laba dalam kondisi-kondisi yang sangat kompetitif. 

Sistem Ekonomi Kapitalis

Asal Usul Paham Kapitalis
Paham kapitalisme berasal dari Inggris abad ke-18, kemudian menyebar ke Eropa Barat dan Amerika Utara. Hal ini akibat dari perlawanan terhadap ajaran agama gereja, sehingga tumbuh aliran pemikiran liberalisme di Negara-negara Eropa Barat. Aliran ini kemudian merambah ke segala bidang termasuk bidang hokum ekonomi. Dasar filosofis pemikiran hokum ekonomi kapitalis bersumber dari tulisan Adam Smith dalam bukunya An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nation yang ditulis pada tahun 1776. Isi buku tersebut memuat pemikiran-pemikiran tingkah laku hukum ekonomi masyarakat. 

Adam Smith berpendapat bahwa motif manusia melakukan kegiatan hokum ekonomi adalah dorongan kepentingan pribadi, yang bertindak sebagai tenaga pendorong kepentingan pribadi, yang bertindak sebagai tenaga pendorong yang membimbing manusia mengerjakan apa saja asal masyarakat bersedia membayar. Pendapat Adam Smith tampak bahwa motif kepentingan individu yang didorong oleh sifat liberalism yang kemudian melahirkan system ekonomi pasar bebas, dan pada akhirnya melahirkan ekonomi kapitalisme.   

Ekonomi Kapitalisme sangat erat hubungannya dengan pengejaran kepentingan hak individu. Bagi Adam Smith, bila individu diperbolehkan mengejar kepentingan sendiri tanpa adanya campur tangan pihak pemerintah, ia seakan-akan dibimbing oleh tangan yang tidak tampak (the invisible hand) untuk mencapai yang terbaik pada masyarakat. Dalam system kapitalisme berlaku free fight liberalism (system persaingan bebas). Siapa yang memiliki dan mampu menggunakan kekuatan modal secara efektif dan efisien akan dapat memenangkan pertarungan dalam bisnis. Jadi dapat disimpulkan paham yang mengagungkan kekuatan modal sebagai syarat memenangkan pertarungan ekonomi disebut sebagai kapitelisme.

Dampak Sistem Ekonomi Kapitalis
Dampak dari system ekonomi kapitalisme ini diantaranya adanya kesenjangan pendapatan yang sangat tajam antara si miskin dan si kaya, kekayaan terkumpul pada segelintir orang, tingkat pengangguran yang tinggi, tingginya inflasi, ketidakstabilan ekonomi (adanya krisis ekonomi).

Saat ini sistem ekonomi yang masih "tidur" yang dipandang mampu menggantikan sistem ekonomi kapitalis untuk membawa dunia yang lebih berkeadilan dan penuh kesejahteraan adalah sistem ekonomi syariah. Pertanyaannya, mampukah sistem syariah melakukannya?  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistem Ekonomi Kapitalis

0 comments:

Post a Comment