Kumpulan Landasan Teori, Definisi, Pengertian Bidang Pengetahuan Umum, Sosial, Ekonomi, Managemen, dan Akuntansi

Wednesday, June 24, 2015

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Imu Ekonomi
Sebelum membahas pengertian ilmu ekonomi, sebelumnya perlu diketahui mengapa ilmu ekonomi penting untuk dipelajari. Ilmu ekonomi timbul dari adanya kesenjangan (gap) antara sumber daya-sumber daya (resources) yang tersedia dengan keinginan (need) manusia. Sumber daya – sumber daya tersebut bersifat terbatas sedangkan keinginan/kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas. Berdasarkan kesenjangan tersebut, kemudian timbul masalah bagaimana cara menggunakan sumber daya-sumber daya yang sifatnya terbatas tersebut untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya tidak terbatas.
Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu dalam memilih penggunaan factor-faktor produksi untuk memperoleh hasil yang efisien.
Dalam ekonomi, sumber daya-sumber daya disbut juga sebagai factor-faktor produksi, antara lain: tanah, modal, dan manusia. Factor produksi manusia terdiri dari keterampilan (skill) dan kewirausahaan (entrepreneurship). Modal adalah alat yang digunakan manusia untuk memproses produksi sumber daya alam agar dapat memenuhi kebutuhan manusia seperti cangkul, bajak, mesin, bangunan dll.

Masalah Pokok Ilmu Ekonomi
Masalah pokok ilmu ekonomi adalah karena adanya kesenjangan sumber daya yang ada dengan kebutuhan manusia. Oleh karena itu perlu dilakukan pilihan dalam penggunaan sumber daya-sumber daya tersebut untuk memperoleh hasil yang efisien. 
Dalam memilih penggunaan sumber daya – sumber daya tersebut, ada tiga pertanyaan yang harus dijawab, antara lain:
1. Barang/jasa yang harus diproduksi
2. Bagaimana cara memproduksi barang/jasa tersebut
3. Untuk siapa barang/jasa tersebut diproduksi
Berdasarkan ketiga pertanyaan tersebut, maka yang menjadi masalah pokok dalam ilmu ekonomi adalah apa (what), bagaimana (how), dan untuk siapa (for whom) barang/jasa diproduksi.  

____
Teori Ekonomi Mikro. Dr. Wilson Bangun, SE. MSi. 2010. Refika Aditama

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Ilmu Ekonomi

0 comments:

Post a Comment