Kumpulan Landasan Teori, Definisi, Pengertian Bidang Pengetahuan Umum, Sosial, Ekonomi, Managemen, dan Akuntansi

Tuesday, June 30, 2015

Pengertian Teori Ekonomi

Pengertian Teori Ekonomi

Dalam ilmu ekonomi, teori merupakan pandangan-pandangan yang dapat menjelaskan hubungan dari variable-variabel ekonomi penting yang dapat memecahkan permasalahan ekonomi secara keseluruhan. Berdasarkan kejadian-kejadian yang lalu, dapat dilakukan analisa tentang perkembangan ekonomi dimasa yang akan datang. Hasil analisa ekonomi tersebut dapat dijadikan sebagai landasan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan pada periode yang lalu dan mencapai tingkat pertumbuhan pada periode berikutnya.

Pengertian Teori Ekonomi

Teori merupakan landasan untuk memperoleh suatu kebenaran ilmiah. Tanpa teori sulit untuk melakukan sesuatu yang ingin dicapai, karena teori merupakan suatu informasi dalam mencapai tujuan tertentu. Orang mengatakan bahwa teori itu jauh dari kenyataan, padahal sebenarnya teori merupakan panduan untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi.

Analisa Ekonomi
Fakta sangat penting dalam mengkaji suatu ilmu tertentu, seperti halnya ilmu ekonmomi. Namun, fakta itu sendiri tidak dapat menjelaskan keberadaannya sendiri. Fakta dapat dijelaskan dengan adanya informasi melalui dasar teori. Oleh karena itu, sulit sekali mengkaji suatu fakta tanpa adanya landasan teori. Untuk menguji teori ekonomi berdasarkan fakta diperlukan analisa ekonomi. Analisa ekonomi merupakan suatu pendekatan yang berawal dari seperangkat asumsi dan kemudian menurunkannya secara logis terhadap ramalan-ramalan yang dapat dipercaya tentang perilaku ekonomi masyarakat konsumen, produsen, atau ekonomi secara keseluruhan.

Dalam memecahkan masalah ekonomi mikro, bagaimana melakukan pilihan untuk menghasilkan barang/jasa secara efisien, hal ini dapat dilakukan dengan beberapa analisa ekonomi, antara lain melalui teori ekonomi dan model ekonomi. Teori ekonomi dan model ekonomi merupakan dua alat analisa ekonomi yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan ekonomi dapat diterapkan secara nyata.

Model Ekonomi
Model ekonomi dapat menggambarkan bagaimana hubungan suatu variable dengan variable lainnya, atau bagaimana suatu variable ditentukan oleh variable-variabel lainnya. Model ekonomi dapat dibentuk dari sejumlah peristiwa ekonomi yang dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat.   

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Teori Ekonomi

0 comments:

Post a Comment